Mengenal lebih dalam tentang Inode

Seperti kita ketahui belakangan ini banyak perusahaan hosting yang menawarkan space disk dengan bahasa Unlimited Space tapi dengan pembatasan jumlah Inode. Lalu apakah itu Inode? Untuk itu di sini kita akan membahas mengenai Mengenal lebih dalam tentang Inode

Bagi sebagian orang yang belum mengerti betul mengenai hosting tentu hal ini sangatlah menarik, bukan? Ya, tentu. Siapa yang tidak tertarik dengan Unlimited Space?

Mengenal lebih dalam tentang Inode
Mengenal lebih dalam tentang Inode

Namun sebelum kita bahas mengenai Inode, kita akan bahas penjelasan mengenai hosting

Pengertian Hosting

Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Web hosting disediakan oleh suatu penyedia jasa layanan hosting.

Dengan bahasa lain hosting merupakan tempat di mana file Anda disimpan. Baik itu website, email dan lain sebagainya.

Pengertian Domain

Kembali saya kutip dari Wikipedia. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “sibungsu.com“.

Apakah sebuah domain bisa diakses tanpa hosting?

Tidak. Karena domain harus memiliki hosting untuk bisa diakses.

Apa itu Inode?

Inode adalah sebuah struktur data yang berisi informasi untuk sebuah objek dari file system (bisa berupa file atau direktori). Sehingga, akan ada sebuah inode untuk setiap file atau direktori yang terdapat pada Linux. Struktur data pada inode akan digunakan oleh system untuk mengidentifikasi sebuah file atau direktori.

Secara sederhananya arti Inode adalah jumlah file dan folder yang ada di dalam server. Saya beri contoh misal di server kita memiliki 5 file dan 5 folder. Berarti jumlah Inode yang kita miliki adalah 10 Inode.

Unlimited Space tetapi jumlah Inode dibatasi?

Dengan bahasa Unlimited Space kita berasumsi bahwa kita mendapatkan space tanpa batas, bukan? Tapi bagaimana dengan pembatasan Inode itu sendiri?

Anggaplah saya mempunyai 500 file dan 500 folder di hosting sedangkan jumlah Inode yang dibatasi oleh pihak hosting adalah 1500 Inode maka sisa Inode saya adalah 500 Inode.

Jika Inode kita sudah full, maka file tidak akan terbaca. Termasuk email masuk? Ya. Email yang dikirim kepada kita tentu akan gagal.

Itulah bahasa marketing yang sangat cantik (menurut saya). Tapi semua kembali pada kebutuhan kita.

Kesimpulan

  1. Inode merupakah total keseluruhan file dan folder yang ada di server
  2. Jika Anda mendapatkan promosi unlimited space maka perhatikan dengan baik fitur-fitur yang ditawarkan perusahaan hosting khususnya masalah Inode
  3. Jika Anda memiliki hosting pada perusahaan webhosting yang membatasi jumlah Inode ada baiknya Anda lakukan penghapusan secara berkala file-file (dan juga folder) yang sudah tidak digunakan

Demikian pembahasan mengenai Inode. Semoga menambah informasi dan pengetahuan untuk kita semua.

Sumber referensi: wim’s BloG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *