Perbedaan Tipe Lisensi Windows

Apakah Anda pengguna Windows? Apakah Anda tahu perbedaan tipe lisensi Windows?

Ya, banyak dari pengguna Windows yang tidak mengetahui perbedaan tipe lisensi yang dikeluarkan. Ini karena pada kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan hal itu selama komputer / laptop yang digunakan berjalan dengan baik meskipun dengan lisensi bajakan (crack) sekalipun.

Lalu apakah harus kita mengetahuinya? Jawabannya adalah opsional. Dengan mengetahui perbedaan tipe lisensi pada Windows Anda bisa tahu apakah lisensi yang Anda gunakan original atau hasil crack (bajakan). Windows yang tercrack meskipun berjalan normal layaknya komputer dengan lisensi original namun akan sangat berbahaya karena tidak menutup kemungkinan aplikasi crack yang tertanam mengandung virus, malware dan sejenisnya yang dapat membahayakan komputer atau bahkan data-data penting yang tersimpan di komputer Anda.

Tipe Lisensi Windows

Berikut adalah tipe-tipe lisensi Windows yang dikeluarkan oleh Microsoft:

  1. OEM
  2. Retail
  3. Volume

OEM

OEM adalah kepanjangan dari Original Equipment Manufacture. Tipe lisensi ini dikeluarkan oleh perusahaan vendor dan tipe lisensi ini tidak dapat dipindahkan ke perangkat lain. Contoh, Anda membeli laptop yang sudah terinstall versi Windows Home dari vendor pembuat laptop tersebut (bukan diinstall oleh toko). Ini berarti lisensi yang aktif adalah tipe OEM. Pada kebanyakan laptop dengan lisensi OEM, informasi lisensi tersebut tertera pada bagian bawah laptop.

SLMGR
Lisensi OEM

RETAIL

Tipe lisensi Retail atau biasa disebut FPP (Full Packed Product) biasanya didapatkan jika Anda membelinya di toko retail ataupun secara online. Tipe lisensi ini bisa dipindah-pindah pada perangat lain tapi hanya bisa aktif pada satu perangkat.

Lisensi Retail
Pict: TheWindowsClub

VOLUME

Biasanya tipe volume ini digunakan bagi perusahaan yang memiliki perangkat (laptop/pc) dengan jumlah yang banyak karena dapat digunakan pada lebih dari 1 perangkat baik itu laptop atau pc. Banyaknya tergantung dari Volume Licensing Agreements yang dibuat antara perusahan dan penjual lisensi. Tipe lisensi ini digunakan oleh Edisi Windows 10 Enterprise.

Demikianlah pembahasan mengenai Perbedaan Tipe Lisensi Windows. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *